Kaifa Khaluk

www.wimakassar.org

Minggu, 25 Desember 2011

OBAT BATUK BUAT BAYI

Anak-anak kecil memang rentan dan mudah terkena penyakit dikarenakan sistem imun di tubuhnya belum lengkap. Penyakit yang sering menyerang anak-anak atau bayi antara lain batuk dan pilek.


Kasihan ya anak kita, sedari kecil harus sudah menelan berbagai bahan kimia dari obat-obatan yang kita berikan. Padahal banyak sekali alternatif obat tradisional warisan leluhur (:D), yang relatif lebih aman dan bisa dikatakan tidak ada efek sampingnya.

Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. 

  1. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt.

  2. Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas/cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali 1 sdt per hari.
  3. peras jeruk nipis, saring dan campurkan dengan madu.
    lalu bungkus dengan plastik dan kukus sebentar .
    setelah itu, biarkan agak dingin, dan minumkan ke bayi kita setiap pagi dan sore hari (2x sehari).
    rasanya, mmm segar , manis+kecut2 sedikit 


Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.
Sengaja ku tulis di sini, biar besok2 ke depannya gampang nyarinyaa... ayoook sapa yang mau bagi2 resep rahasia, silakan banget di tulis di sini, thanks before!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar